Belajar Mengasuh Anak: Bekal Makanan Sehat untuk Si Kecil

Posted by

 

Sering kali sebagai orang tua pasti merasa was-was setiap kali anaknya pergi ke sekolah. Hal ini bukan karena kurikulum sekolah atau gurunya, melainkan perihal jajanan sekolah. Apalagi berbagai media juga telah memuat berita-berita mengenai jajanan sekolah yang ternyata justru "racun" yang di jualnya. Tentu hal ini menjadi pekerjaan rumah bagi kita semua. 


Dilema memang ketika kita membiarkan anak kita jajan sembarangan, padahal kita juga tahu bahwa mereka juga lapar. Dilain sisi, ketika bunda menyiapkan bekal makanan, tak sedikit anak merasa bosan karena makannya cuma itu-itu saja. Untuk itu kami ingin berbagi pengalaman mengenai tips agar anak kita suka bekal makanan dari bundanya.

Tips Membuat Bekal Makanan Sekolah

Nah, bunda sekalian, disini kami ingin berbagi pengalaman bagaimana membuat bekal makanan yang sehat, praktis, dan inovativ yang tentunya akan disukai si kecil. 

Berikut  Tipsnya:
1. Bekali Anak dengan Makanan yang Penuh Warna
Tentu dengan makanan yang berwarna warni akan gampang menarik anak. Selain itu usahakan warna yang kita gunakan berasal dari bahan alami. Tentunya aspek gizi dan kesehatan harus dipertimbangkan selalu.


2. Kreasikan bentuk makanan sesuai dengan kesukaan anak
Memang tidaklah harus mirip namun usahakan si anak dapat mengenali tokoh yang kita hidangkan kepada mereka. Apalagi bunda tau tokoh apa saja yang menjadi kesukaan si kecil. Selain tokoh-tokoh idola anak, kita dapat juga mengkreasikan beberapa bentuk alam, seperti hewan, bunga, pohon, ataupun rumah.


3. Buatlah Makanan dengan Sepraktis Mungkin
Hal ini penting, karena makanan ini adalah bekal yang akan di bawa anak kita ke sekolah. Tentunya kita tidak boleh membuat bekal makanan justru anak kita terlambat sekolah bukan?. Tipsnya adalah, siapkanlah bumbu atau masakan pada malam harinya, sehingga bunda akan gampang meraciknya atau cukup menghangatkannya.


4. Berikan Ruang anak untuk Memilih yang Dia Sukai
Selalu tanyakan kepada anak makanan apa yang ia sukai. Dengan demikian si anak akan lebih berselera menyantapnya.

5. Buatlah Variasi 
Seperti ketika kita bekali anak dengan roti sanwich, kita dapat variasi roti tersebut dengan berbagai jenis roti, seperti roti terigu, roti gandum

Berikut Contoh Sederhana Membuat Bekal Makanan Anak

Berikut videonya: 




Nah, demikianlah beberapa trik dan tips membuat bekal makanan sehat untuk si kecil. Semoga bunda dapat melatihnya sendiri di rumah.

Artikel Terkait

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 4:42 pm

0 comments:

Post a Comment

Followers