Bejalar Mengasuh Anak: Cara Mendidik Anak Sholeh

Posted by

Anak adalah sebuah karunia Allah SWT yang diberikan sebagai amanah bagi orang tuanya. Anak sebagai amanah berarti mengharuskan orang tua berusaha menjaga amanah tersebut sebaik-baiknya.

Menjaga disini berarti pula tetap mengkondisikan anak sebagai makhluk yang fitrah (sesuai dengan asalnya). Kalau kita melihat asal mula seorang anak, seperti di dalamfirman Allah SWT al-A'raaf: 172


Ternyata ketika anak masih berada di perut Ibu, mereka di tanya oleh Rabb (Pencipta) mereka dengan redaksi " Bukankah Aku ini Tuhanmu?, kemudian sang anak menjawab "Betul (Engkau Tuhan Kami), kami menjadi saksi"

Dari firman Allah di atas, ternyata kita mengetahui bahwa secara fitrah setiap Anak adalah bersaksi bahwa mereka adalah Abdullah (Hamba Allah). Hal ini berarti sebagai orang tua kita mengemban amanah agar anak kita tetap bersaksi bahwa dia hamba Allah.

Mendidik Anak Sesuai Fitrah

Dengaan begitu, orang tua seharusnya dapat memiliki bagaimana cara mendidik anak, mereka tidak akan bingung dengan cara apa sang anak akan dididik. Lalu dengan apa seharusnya anak kita dididik? Yaitu dengan pendidikan yang membuat anak kita tetap mengenal Rabbnya, menyembah Rabbnya, dan sebagai akhirnya kita sukses ketika di akhir hayat kita sang anak tetap bersaksi bahwa tiada Rabb yang wajib mereka sembah, kecuali Allah SWT.

Para Orang tua pada kesempatan kali ini kami ingin memberikan beberapa tips mengenai cara mendidik anak sholeh versi Youtube Schooling:
  1. Kenalkanlah anak kita sedini mungkin dengan Rabb mereka (penanaman aqidah);
  2. Ceritakan kisah-kisah pahlawan islam, sehingga akan menjadi idola mereka kelak;
  3. Ajarkan mereka, dekatkan mereka dengan pedoman hidup mereka yaitu KitabuLlah Al Quran;
  4. Kenalkan mereka dengan panutan hidup kita yaitu RasuluLlah SAW;
  5. Ajari mereka dengan do'a, agar kelak setiap amal merekatidak kering dengan do'a;
  6. Belajar ilmu Parenting agar orang tua kenal dengan bahasa tubuh mereka;
  7. Senantiasa berdo'a agar anak-anak kita menjadi anak sholeh dan terus berikhtiyar semampu kita.

Anak Sholeh adalah Hidayah Allah

Sebagai penutup, kami ingin menyampaikan hal mendasar, bahwa ketika usaha para orang tua sudah dilakukan namun anak kita senantiasa belum sesuai arahan kita maka coba kita lihat firman Allah berikut:

مَنْ يَهْدِ اللَّهُ فَهُوَ الْمُهْتَدِي وَمَنْ يُضْلِلْ فَأُولَئِكَ هُمُ الْخَاسِرُونَ
Barangsiapa yang diberi petunjuk oleh Allah, maka dialah yang mendapat petunjuk; dan barangsiapa yang disesatkan Allah, maka merekalah orang-orang yang merugi.” (QS. Al A’rof : 178)
فَإِنَّ اللَّهَ يُضِلُّ مَنْ يَشَاءُ وَيَهْدِي مَنْ يَشَاءُ فَلَا تَذْهَبْ نَفْسُكَ عَلَيْهِمْ حَسَرَاتٍ
Maka sesungguhnya Allah menyesatkan siapa yang dikehendaki-Nya dan menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya; maka janganlah dirimu binasa karena sedih terhadap mereka.” (QS. Fathir : 8 )
وَلَوْ شِئْنَا لَآَتَيْنَا كُلَّ نَفْسٍ هُدَاهَا
Dan kalau Kami menghendaki niscaya Kami akan berikan kepada tiap-tiap jiwa petunjuk baginya.” (QS. As Sajdah : 13)
وَلَوْ شَاءَ رَبُّكَ لَآَمَنَ مَنْ فِي الْأَرْضِ كُلُّهُمْ جَمِيعًا
Dan jikalau Tuhanmu menghendaki, tentulah beriman semua orang yang di muka bumi seluruhnya.” (QS. Yunus : 99)

dari beberapa Firman Allah diatas, kita diajarkan bahwa Petunjuk, Hidayah,Taufiq, dan terlebih Anak sholeh adalah semata-mata hanya milik Allah, sehingga sikap kita setelah ikhtiyar secara maksimal sudah dilakukan maka kita tinggal mengimani Qadha' Allah, dan insyaaLlah kita bukan termasuk orang tua yang lalai. wallahu 'alam bisawwab.

Terimakasih atas kunjungan anda pada artikel Cara Mendidik Anak Sholeh, semoga bermanfaat dan menjadi amal jariyah untuk kita bersama. Aamiin.

Artikel Terkait

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 10:22 pm

0 comments:

Post a Comment

Followers