Belajar Fotografi: Apa itu Shutter Speed

Posted by


.
Fotografi adalah sebuah hobi yang mulai marak akhir-akhir ini, terlebih dengan perkembangan teknologi kamera yang semakin canggih dan beragam pilihan. Sebagai fotografer profesional, tentu ia akan sangat selektif ketika memilih kameranya, terlebih ketika objek foto relatif beragam. Bagi kita yang mau bergelut di bidang ini, tentu janganlah meniru para profesional terlebih dahulu. Pelajarilah dasar-dasar fotografi dan nantinya kita akan tahu seberapa kebutuhan spesifikasi kamera yang akan kita beli.


Pada kesempatan ini kita akan belajar mengenai Shutter Speed dalam fotografi.

Shutter speed dapat diartikan sebagai rentang waktu ketika shutter kamera kita terbuka atau waktu ketika sensor kamera ‘melihat’ obyek yang kita foto. Secara ringkas, shutter speed yaitu waktu yang kita butuhkan saat memencet tombol shutter pada kamera hingga tombol tersebut kembali ke posisi semula.

Shutter speed merupakan salah satu bagian dasar dari pencahayaan pada kamera selain Aperture/bukaan dan kecepatan film/ISO. Ketiganya akan bekerja sama untuk menyesuaikan banyaknya cahaya yang direkam atau ditangkap oleh sensor/film.

Shutter speed diukur dalam satuan detik dan bilangannya adalah kelipatan 2. Berikut beberapa contoh settingan shutter speed pada kebanyakan kamera : 


Nah itulah pembahasan singkat kita mengenai  Belajar Fotografi: Apa itu Shutter Speed, semoga bermanfaat dan tunggu pembahasan lainnya hanya di youtube schooling

Artikel Terkait

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 8:05 pm

0 comments:

Post a Comment

Followers